Tak Kalah dengan Jajanan Modern, Ini 5 Jajanan Tradisional yang Hits Hingga Saat ini

jajanan tradisional yang hits

Hame Itu – Jajanan tradisional merupakan jenis makanan sederhana yang juga dikenal dengan jajanan pasar. Makanan ini mempunyai beragam rasa mulai dari manis hingga gurih. Dari segi harga pastinya lebih murah dibandingkan jajanan modern zaman kini. Tak kalah dengan jajanan modern zaman kini, inilah 5 jajanan tradisional yang hits hingga saat ini.

jajanan tradisional yang hits

1. Kue Cucur

Kue yang terbuat dari tepung terigu dengan campuran gula aren ini termasuk dalam jajanan tradisional yang hits hingga kini. Kue cucur berwarna merah bata dilengkapi dengan rasa manis yang dihasilkan dari gula aren membuat kue ini menggoda untuk dicicipi. Kue cucur cocok dijadikan menu ngemil bareng teh manis. Biasanya jajanan ini mudah Anda temui di pasar tradisional.

2. Klepon

Jajanan tradisional bernama klepon ini adalah kue asli dari Indonesia. Tak beda jauh dengan kue cucur, klepon juga menggunakan gula aren dalam proses pembuatannya. Camilan tradisional ini berbahan dasar tepung beras yang dibentuk bulat-bulat kecil dengan isi gula aren di dalamnya. Klepon yang sudah matang disajikan dengan balutan kelapa parut.

3. Serabi

Serabi dikenal sebagai makanan tradisional khas Kota Solo. Tak hanya hadir dengan varian rasa manis saja ternyata serabi juga ada varian rasa asin. Kue yang terbuat dari tepung beras, santan, dan dicampur dengan kelapa parut ini mempunyai bentuk serupa dengan kue cucur.

Di zaman modern kini serabi banyak ditemui dengan varian rasa yang lebih beragam dilengkapi dengan toping menarik seperti misis hingga irisan buah nangka. Bahkan beberapa cafe modern kini dibuka dengan menu utama  serabi.

4. Lapis Legit

Kue yang memiliki tekstur legit dengan bentuk yang berlapis-lapis ini khas beraroma bumbu yang harum. Kue yang termasuk dalam jajanan tradisional ini berbahan dasar tepung dan telur. Proses pembuatan kue lapis legit ini membutuhkan sebuah ketelitian, karena kue ini memiliki 3 lapisan yang cara memasaknya berbeda untuk setiap lapisannya.

5. Getuk Lindri

Getuk lindri merupakan jajanan tradisional asli Jawa yang terbuat dari singkong dan hadir dengan berbagai varian warna. Makanan ini berbentuk memanjang serupa mie yang disusun dengan ketebalan sekitar 2 cm hingga 4 cm. Biasanya getuk lindri berbentuk kotak dengan ukuran tertentu. Jajanan tradisional ini lebih nikmat disantap bersama kelapa parut.

Seiring berkembangnya zaman dan semakin banyaknya ragam makanan yang ada sekarang sebaiknya kuliner tradisional tak menjadi terlupakan di kalangan masyarakat. Selain 5 jenis jajanan tradisional yang hits di atas masih banyak juga jenis lainnya yang wajib Anda cicipi. Kini banyak cafe modern yang menyajikan jajanan tradisional dengan tampilan kekinian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *