Sadari! Ini Dia 3 Sanksi dan Risiko Tidak Punya NPWP

risiko tidak punya NPWP

Hame Itu – Bagi Anda masyarakat Indonesia dan sudah memiliki penghasilan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan NPWP. Ya, NPWP in memiliki fungsi sebagai tanda pengenal sekaligus identitas wajib pajak warga negara Indonesia.

Apa sih risiko tidak punya NPWP? Nah, untuk Anda yang sudah memiliki kriteria wajib memiliki NPWP namun tidak membuatnya, berikut ini risiko dan sanksi yang harus diketahui.

risiko tidak punya NPWP

1. Akan mendapatkan potongan pajak penghasilan (PPH) yang lebih tinggi

Untuk Anda para karyawan swasta, pejabat negara, pegawai pemerintah, atau bahkan prajurit TNI setiap bulannya akan dipotong pajak penghasilan (PPh). Nah, untuk karyawan yang belum memiliki NPWP, maka ia akan dipotong PPh jauh lebih tinggi. bahkan potongan ini sebanyak 20%.

Untuk karyawan yang sudah memiliki NPWP, maka penghasilan yang didapatkan hanya akan dipotong sebanyak 5% saja. Hal ini sesuai dengan pasal 21 yang mengatur pemotongan PPh. Bukankah selisih 15% sangat disayangkan, untuk itu yuk langsung saja buat NPWP agar penghasilan Anda tidak dipotong terlalu banyak.

2. Akan dipersulit saat ingin traveling ke luar negeri

Risiko tidak memiliki NPWP berikutnya jika Anda tidak memiliki NPWP adalah Anda akan dipersulit ketika akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Peranan NPWP ini digunakan dalam proses pengajuan visa.

Pada saat mengurus visa ke negara seperti Amerika, Eropa, Australia, maka Anda diwajibkan untuk menunjukkan kartu NPWP kepada pihak imigrasi dan kedutaan negara. Jika Anda tidak memiliki NPWP pada saat mengajukan visa, otomatis visa Anda akan dipersulit dan bahkan ditolak.

3. Sulit mengajukan investasi dan kredit perbankan

Tahukah Anda NPWP juga sangat penting dalam mengurus keperluan perbankan. Ketika Anda tidak memiliki NPWP, maka proses pembuatan rekening hingga pengajuan kredit akan cenderung lebih susah.

Hal ini karena NPWP menjadi syarat utama untuk mengajukan kredit kepada pihak bank. Tidak hanya kredit saja, produk bank lain seperti investasi juga membutuhkan NPWP lho. Bahkan pengajuan KPR, KKB, Kredit Multiguna, Kredit Tanpa Agunan, dan Deposito juga memerlukan NPWP.

Dengan melihat risiko tidak punya NPWP di atas membuat Anda harus berpikir dua kali untuk tidak membuatnya. Mengurus NPWP ini cukup mudah kok dan tidak ribet. So, langsung saja urus dan buat NPWP agar lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *