Milenial, Ini 5 Cara Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

produk asuransi investasi.

Hameitu РMeski masih berusia muda, mempersiapkan dan memulai pengelolaan keuangan yang sehat perlu dilakukan sejak dini. Tujuannya supaya Anda memperoleh masa depan yang lebih terjamin sekaligus bisa meraih kebebasan finansial yang lebih mudah. Apa, sih, kebebasan finansial itu? Istilah yang sering kita dengar sekarang ini mempunyai arti keadaan ketika kita memiliki sisa pendapatan yang cukup untuk menutupi biaya hidup. Ada banyak cara untuk mencapai kebebasan finansial, mulai dari menabung pada instrumen keuangan yang tepat hingga memiliki produk asuransi investasi.  Selain itu, Anda juga bisa memperoleh kebebasan finansial jika Anda menerapkan kiat-kiat berikut. Disimak, ya!

produk asuransi investasi.

1. Menabung 

Seperti yang sudah disinggung di atas, hal utama yang harus Anda lakukan jika ingin keluar dari masalah keuangan adalah menabung secara aktif. Agar tabungan Anda tidak tergerus pengeluaran hiburan, Anda bisa membuka rekening khusus untuk menabung. Selain menabung, Anda juga perlu mempersiapkan dana darurat yang penting untuk menjaga cash flow keuangan Anda. Kelak setelah dua simpanan ini sudah terpenuhi, Anda bisa lanjut berinvestasi seperti menabung emas maupun membeli reksa dana, obligasi, saham, ataupun asuransi berjenis investasi. Selain cara invetasi yang selama ini sudah dikenal masyarakat, Anda bisa mencoba berinvetasi pada cryptocurrency. Cryptocurrency adalah mata uang digital untuk traksasi secara online dimana cryptocurrency memiliki banyak jenis seperti mata uang di dunia offline. Yang saat ini sedang naik daun adalah Bitcoin. Karna ini adalah salah cara invetsasi baru, pastikan Anda mempelajarinya terlebih dahulu sebelum berinvetasi.

2. Kontrol gaya hidup

Kiat kedua yang tak kalah penting dan tak boleh disepelekan adalah mengontrol gaya hidup. Belilah barang yang betul-betul Anda butuhkan, jangan menjadi pribadi yang impulsif dalam berbelanja. Misalnya, ketika ada gadget keluaran terbaru dan Anda ingin membelinya padahal Anda masih memiliki gadget yang layak pakai, sebaiknya pendam keinginan itu. Untuk mengontrol pengeluaran, Anda dapat membuat anggaran bulanan yang mencakup biaya makan, transportasi, hiburan, dan utang (jika ada). Nah, sisa penghasilan yang sudah dipotong pengeluaran inilah yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi gaya hidup.

3. Menetapkan life goals atau tujuan hidup

Coba pikirkan secara serius, menurut Anda keadaan seperti apa yang Anda sebut sebagai kebebasan finansial? Kemudian, tentukan hal-hal yang Anda cita-citakan dari segi finansial. Buatlah beberapa tujuan hidup Anda serta apa saja yang diperlukan dalam hidup. Semakin spesifik tujuan Anda, semakin tinggi kemungkinan untuk mencapainya.

4. Bebas dari utang

Jika Anda memiliki cicilan atau utang yang belum dilunasi, prioritaskan untuk melunasinya terlebih dahulu agar merasa tenang. Hambatan terbesar menuju kebebasan finansial adalah utang. Memang akan terasa sulit, namun jika Anda melakukan ini secara disiplin dengan mengalokasikan uang dari gaji atau pendapatan usaha, maka Anda pasti akan terbebas dari jeratan utang ini. Idealnya, pelunasan utang sekitar 30% dari gaji Anda sehingga Anda benar-benar bisa menjadi orang yang mandiri secara finansial.

Nah, jadi bagaimana, nih, generasi milenial? Jangan merasa bingung, ya! Semua berawal dari niat. Ketika seseorang mencapai kebebasan finansial, tidak ada lagi masalah keuangan, karena semuanya direncanakan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *