Jangan Panik, Kenali Tata Cara Mengurus STNK Hilang

cara mengurus STNK hilang

Hame Itu – STNK merupakan surat yang penting dan wajib dibawa saat Anda pergi ke mana saja. Adanya surat ini menandakan bahwa kendaraan yang Anda pakai adalah legal dan bukan barang curian. Namun, bagaimana jadinya jika STNK hilang? Anda harus tahu cara mengurus STNK hilang agar kelak saat ada pemeriksaan, Anda bisa menunjukkan STNK.

cara mengurus STNK hilang

1. Lapor Polisi

Apabila Anda kehilangan STNK jangan berdiam diri. Anda harus pergi ke kantor polisi terdekat Anda. Anda bisa mendatangi Polsek ataupun Polres. Di kantor polisi ini, Anda lapor bahwasannya Anda telah kehilangan STNK. Berikutnya, polisi yang melayani Anda, akan membuatkan surat keterangan bahwasanya Anda telah kehilangan STNK. Jaga dan simpan surat ini, karena nantinya surat ini akan diperlukan untuk mengurus STNK yang baru.

2. Siapkan Berkas

Sebelum Anda membuat STNK yang baru, perlu Anda siapkan berkas-berkas pendukung. Hal ini digunakan sebagai pencocokan data lama Anda dan sebagai pendaftaran pengurusan STNK yang baru. Selain itu, berkas-berkas ini juga diperuntukkan sebagai kelengkapan syarat administratif. Adapun berkas-berkas itu adalah sebagai berikut.

  • KTP

Siapkan KTP yang digunakan untuk mendaftarkan STNK. Biasanya KTP yang dipakai adalah KTP pemilik kendaraan. Selain Anda menyiapkan KTP asli pemilik, siapkan juga setidaknya 3 fotokopi KTP pemilik kendaraan. Hal ini ditujukan untuk pencocokan data antara data yang dimiliki oleh kepolisian dan data Anda.

  • Salinan STNK yang hilang

Apabila Anda memiliki salinan dari STNK yang hilang, sebaiknya dibawa juga. Namun, jika tidak ada, Anda bisa membawa salinan dari STNK yang sudah lama. Apabila selama memiliki kendaraan Anda tidak pernah punya salinan STNK dan berstatus kredit, Anda bisa membawa fotocopy BPKB atau surat pengantar dealer.

  • Surat Keterangan

Surat ini adalah surat keterangan kehilangan yang telah Anda dapatkan dari kantor polisi terdekat sebelumnya. Pastikan Anda menyertakannya sebagai bukti bahwa Anda telah kehilangan STNK. Selain itu, dengan adanya surat keterangan kehilangan yang resmi bisa mendaftarkan STNK baru dengan serial yang baru pula.

  • BPKB

Seperti halnya dengan KTP. Anda harus menyertakan BPKB yang asli dan salinannya. Sediakan setidaknya 2 dari salinan BPKB sebagai bukti bahwa Anda akan mengurus motor legal milik Anda sendiri. Anda bisa menyalin halaman depan saja atau bisa juga Anda menyalin seperti 1 buku secara penuh BPKB Anda.

3. Urus ke Kantor SAMSAT

Apabila semua persyaratan sudah lengkap semua, saatnya Anda menuju ke kantor SAMSAT. Pastikan Anda datang dengan membawa kendaraan yang STNK-nya hilang. Pasalnya, ada beberapa serangkaian prosedur yang melibatkan kendaraan. Berikut ini cara mengurus di Kantor Samsat.

  • Cek Fisik Kendaraan

Anda bisa menunggu dan memastikan kendaraan Anda dalam kondisi mesin yang tidak terlalu panas. Jika sudah, pada sesi ini petugas akan mengecek dan menggesek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan Anda. Apabila petugas telah selesai mengambil, maka hasil tersebut akan difotokopi.

  • Isi Formulir Pendaftaran

Berikutnya, Anda bisa bergeser pada loket. Pada saat di sini, Anda akan dimintai oleh petugas untuk mengisi formulir pendaftaran. Pastikan Anda telah mengisi formulir ini dengan lengkap dan benar. Selanjutnya Anda bisa serahkan formulir tersebut kepada petugas yang berada pada loket STNK hilang. Pastikan juga Anda menyertakan semua berkas kelengkapan administrasi.

  • Pengurusan Cek Blokir

Pada proses berikutnya Anda bisa mengurus surat keterangan hilang dari SAMSAT. Istilah lainnya adalah cek blokir. Adapun yang dimaksud dengan mengurus cek blokir di sini adalah mengurus surat keterangan STNK yang hilang dari SAMSAT yang berisi keterangan keabsahan STNK terkait.

Misalnya STNK tidak dalam kondisi diblokir, terblokir atau dalam pencarian. Pada saat proses ini, Anda harus melampirkan hasil cek fisik kendaraan yang berisi nomor rangka dan mesin.

  • Pembuatan STNK Baru

Berikutnya Anda bisa menuju loket BBN (Bea Balik Nama) II. Loket ini dikhususkan untuk mengurus pembuatan STNK baru. Pada loket ini, semua berkas pendukung mulai dari kantor kepolisian maupun dari proses cek blokir sebelumnya hingga surat kehilangan dari SAMSAT, harus Anda serahkan.

  • Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Proses ini wajib Anda jalani. Anda diharuskan membayar pajak kendaraan bila belum membayar bayar pajak kendaraan tahunan. Namun, proses ini bisa Anda lewati apabila Anda sudah membayar pajak kendaraan tahunan. Istilahnya adalah bebas biaya pajak. Oleh karena itu, Anda harus mengingat sudah dibayar apa belum.

  • Bayar Biaya Pembuatan STNK Baru

Apabila STNK baru Anda sudah selesai, Anda akan dikenai tarif atau biaya atas pembuatannya. Adapun biaya yang dikenai tiap jenis kendaraan berbeda-beda.  Menurut PP No. 50 tahun 2010 biaya pada kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum adalah Rp50.000,-. Sedangkan pada kendaraan bermotor roda 4 atau lebih adalah Rp75.000,-.

  • Ambil STNK dan SKPD

Apabila semua prosedur sudah Anda lakukan dengan benar, saatnya mengambil STNK baru dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah). Anda tingga menunggu pada loket pengambilan STNK baru dan menyerahkan bukti pembayaran apabila sudah ada panggilan atas nama Anda.

Nah, itulah tata cara mengurus STNK hilang yang bisa Anda lakukan. Ada baiknya Anda selalu menyimpan dan menjaga STNK dengan aman. Pastikan juga Anda memiliki salinan atau fotokopi dari STNK Anda. Anda juga bisa meminta dealer apabila kendaraan Anda masih berstatus kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *